Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan, Kenali Dulu Jenis-jenisnya, Ya!

Asuransi kesehatan secara umum bisa kamu artikan sebagai salah satu jenis asuransi yang nantinya akan menanggung berbagai biaya kesehatanmu dan keluarga, mulai dari check up rutin, pengobatan, perawatan, berbagai tindakan medis, dan berbagai perawatan lainnya. 

Setiap kali kamu atau keluargamu sakit atau memerlukan tindakan medis, pihak asuransi kesehatan akan mengganti sebagian atau seluruh biaya yang kamu keluarkan, tergantung dengan polis macam apa yang kamu pilih. Sesuaikan saja dengan kondisi keuangan kamu ya.

Nggak hanya tulang punggung keluarga, setiap anggota keluarga pun sebaiknya kamu ikutkan dalam asuransi kesehatan. Bukan berharap untuk hal buruk terjadi ya, tapi kamu tidak akan tahu kapan dan di mana kamu atau anggota keluargamu akan sakit atau tertimpa musibah. 

Faktanya, nggak peduli apa pun usia atau pekerjaan seseorang, penyakit dan musibah bisa datang secara tiba-tiba. Jangan sampai ketika hal itu terjadi, kamu dan keluarga berada dalam keadaan yang nggak siap. Di sinilah peran asuransi kesehatan sangat penting.

Nah, sebelum kamu memilih polis asuransi kesehatan mana yang paling cocok dengan profil keuangan dan risikomu dan keluarga, ada baiknya kamu simak dulu jenisnya yang ada. Yuk!

  • Berdasarkan Kepemilikan Instansi Penyelenggara

  • Asuransi Kesehatan Pemerintah

Pemerintah, seperti yang kamu tahu, mengeluarkan asuransi kesehatan yang lebih dikenal dengan nama BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan). Asuransi ini secara penuh dikelola oleh pemerintah. 

Tujuan utama dari program ini adalah penyediaan jaminan kesehatan pada masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Sebagai sebuah program dari pemerintah, BPJS menjunjung asas gotong royong dalam pelaksanaannya. 

Dengan kata lain, asuransi kesehatan ini menganut prinsip subsidi silang, sehingga masyarakat dari golongan ekonomi menengah ke bawah juga bisa terbantu dengan premi yang dibayarkan oleh pengguna BPJS kelas atas. Selain itu, pemerintah juga memiliki peran untuk menyalurkan subsidi jika terdapat kekurangan bagi yang berhak mendapatkannya. 

Tujuan utama dari program asuransi kesehatan ini adalah untuk mneg-cover seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Meskipun demikian, mengingat usianya juga masih seumur jagung, tentu BPJS juga memiliki kekurangan dan keterbatasan dibandingkan dengan asuransi swasta. 


  • Asuransi Kesehatan Swasta

Instansi atau badan yang menyelenggarakan program ini tentu saja adalah perusahaan swasta atau non-pemerintah. Dalam program ini, kamu sebagai nasabah memiliki kewajiban untuk membayar premi secara penuh. Tidak seperti asuransi kesehatan pemerintah yang bisa melakukan subsidi silang, kamu hanya akan mendapatkan fasilitas dan manfaat sesuai dengan premi yang kamu pilih. Di mata masyarakat, tentu saja asuransi kesehatan swasta dinilai lebih mahal jika dibandingan dengan BPJS. Namun demikian, hal ini berbanding lurus dengan manfaat dan fasilitas yang akan kamu terima nantinya.


  • Berdasarkan Jenis Perawatan

  • Asuransi Kesehatan Rawat Inap

Asuransi rawat inap digunakan untuk membiayai perawatan kamu atau anggota keluargamu sebagai tertanggung selama menjalani proses rawat inap ketika sakit. Tergantung dengan polis yang kamu pilih, namun biasanya semua atau sebagian biaya yang ada saat proses rawat inap akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Jenis asuransi kesehatan ini cukup popular karena banyak orang yang membutuhkan perawatan inap. Asuransi ini juga dapat memberikan fasilitas dan perawatan yang maksimal di bawah pengawasan dokter.

Asuransi rawat inap biasanya juga mencakup manfaat yang berkaitan dengan operasi. Perawatan pascaoperasi biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Hal ini bisa pula termasuk dalam tagihan asuransi rawat inap, sehingga kamu nggak perlu khawatir soal perawatan pascaoperasi. Cukup fokus dengan proses penyembuhan, dan nggak usah khawatirkan soal biaya lain.


  • Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Berbeda dengan asuransi rawat inap, asuransi rawat jalan menanggung biaya yang dikeluarkan ketika tertanggung menjalani perawatan atau pengobatan jalan atas penyakit yang dideritanya. Kamu nggak perlu cemas, tentu aja asuransi rawat jalan sudah mencakup banyak hal, termasuk di dalamnya yaitu cek laboratorium, diagnosis medis, dan berbagai tindakan medis yang sifatnya non-darurat.

 Perawatan jalan ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, namun juga menjadi pilihan ketika kamu nggak mau dirawat di rumah sakit karena satu dan lain hal.

Kamu bisa mempertimbangkan, kebanyakan orang lebih sering membutuhkan pengobatan dengan perawatan jalan ketimbang sistem rawat inap. Ini dikarenakan banyak orang yang mengidap penyakit yang tidak terlalu parah dan membutuhkan rawat inap atau opname di rumah sakit.


  • Berdasarkan yang Ditanggung

  • Asuransi Kesehatan Personal

Jika ditilik dari jumlah tertanggung, asuransi kesehatan bisa digolongkan lagi menjadi dua, yakni personal dan kelompok. Pada asuransi kesehatan personal ini yang ditanggung adalah sebuah individu secara perorangan.

 Polis yang dimiliki mencakup untuk memberikan manfaat dan fasilitas kepada satu orang saja, yakni yang tertera dalam polis asuransi tersebut. Tertanggung nggak bisa digantikan oleh orang lain jika sudah terdaftar dalam polis asuransi tersebut.


  • Asuransi Kesehatan Kelompok

Beda personal, beda lagi dengan asuransi kesehatan kelompok. Jika asuransi kesehatan personal hanya mencakup satu individu, maka asuransi kesehatan kelompok dapat meng-cover seluruh anggota dari suatu kelompok, seperti dalam satu keluarga atau dalam suatu perusahaan. Setiap anggota dari kelompok tersebut akan mendapatkan manfaat dan fasilitas yang sama dengan anggota kelompok lainnya.


Demikianlah jenis-jenis asuransi kesehatan yang perlu kamu ketahui sebelum kamu memilih. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa cek di sini https://www.cekaja.com/asuransi-kesehatan ya. 




No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Car Buying Guide: 6 Simple Tips To Make You A Better Buyer

It's that time of the year again. With some of us already securing the bag with bonuses and 13th+month pays, you might be on the lookout...