Pinjaman Tanpa Jaminan dan Keuntungannya

Transaksi pinjam meminjam uang sudah menjadi satu hal yang wajar dilakukan dari jaman dahulu hingga sekarang ini. Karena memang manusia selalu memiliki kebutuhan yang terus menerus bertambah seiring berjalannya waktu. Ada banyak faktor yang menyebabkan kebutuhan kita sebagai manusia terus bertambah. 

Misalnya saja jika kita baru menikah pasti ada saja kebutuhan tambahan yang muncul, misal nantinya ingin punya rumah sendiri, punya anak, biaya sekolahnya dan lainnya. Namun terkadang pendapatan kita tak selalu seimbang dengan kebutuhan-kebutuhan itu. Lalu gimana nih mengatasinya? Ada banyak cara dilakukan dan memutar otak agar bias memenuhi kebutuhan mereka. Ada banyak orang yang akan terpikirkan untuk mengambil pinjaman sebagai solusinya entah ke bank atau non-bank. Jika meminjam ke bank atau lembaga keuangan formal, pastilah umumnya pinjaman itu mengharuskan adanya jaminan yang harus disiapkan. 

Kalau kita tak punya jaminan gimana dong? Karena tak semua orang memiliki surat berharga, atau tak semua orang memiliki barang yang bernilai untuk dijadikan sebagai agunana atau jaminan. Tapi jangan khawatir karena sekarang ada pinjaman tanpa jaminan yang ditawarkan oleh bank maupun non-bank. 

Pinjaman tanpa jaminan menjadi salah satu solusi yang banyak diminati oleh nasabah untuk bisa membantu memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka. Apakah kalian juga tahu kalau pinjaman tanpa jaminan itu juga punya banyak keuntungan? Tapi sebelum itu ada baiknya kita tahu apa pengertian pinjaman tanpa jaminan itu sendiri. Jika kalian tertarik dengan pinjaman tanpa jaminan, simak terus ulasan dibawah ini ya!

Pengertian pinjaman tanpa jaminan

Pinjaman tanpa jaminan adalah pinjaman yang tidak membutuhkan jaminan atau uang jaminan untuk menerimanya. Dengan pinjaman tanpa jaminan, alih-alih menjaminkan aset, peminjam memenuhi syarat berdasarkan riwayat kredit dan pendapatan mereka. Pemberi pinjaman tidak memiliki hak untuk mengambil aset fisik seperti rumah atau kendaraan jika peminjam berhenti melakukan pembayaran atas pinjaman tanpa jaminan. Kitamemiliki perjanjian untuk membayar kembali, tetapi kita tidak mendukung janji itu dengan menjaminkan jaminan.

Pinjaman tanpa jaminan tersedia dari bank, credit unions, dan pemberi pinjaman online, dan bisa digunakan untuk tujuan apa pun yang kita inginkan. Pinjaman siswa swasta dan yang melalui Departemen Pendidikan biasanya juga pinjaman tanpa jaminan. Mayoritas kartu kredit yang tersedia juga tanpa jaminan. Meskipun kita mungkin tidak menganggap kartu kredit sebagai pinjaman, tapi sebenarnya kita meminjam uang saat kita membelanjakannya.

Saat mengajukan pinjaman tanpa jaminan, pemberi pinjaman akan memeriksa riwayat pinjaman untuk melihat apakah kita telah berhasil melunasi pinjaman di masa lalu. Berdasarkan informasi dalam laporan kredit itulah, komputer membuat skor kredit, yang merupakan jalan pintas untuk mengevaluasi kelayakan kredit kita.

Untuk mendapatkan pinjaman tanpa jaminan, kita membutuhkan kredit yang baik. Jika kita pernah melakukan pinjaman minimal di masa lalu, atau memiliki kredit buruk karena kita pernah mengalami masa-masa sulit di masa lalu, tenang saja karena kita bisa membuat kredit kita menjadi baik dari waktu ke waktu. Pertimbangkan untuk mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan skor kredit kita sebelum mengajukan pinjaman tanpa jaminan.

Pemberi pinjaman juga ingin memastikan bahwa kita memiliki pendapatan yang cukup untuk membayar kembali pinjaman baru. Saat kita mengajukan pinjaman, baik pinjaman dengan jaminan atau pinjaman tanpa jaminan, pemberi pinjaman akan meminta bukti pendapatan. Kemudian, mereka akan mengevaluasi seberapa besar beban pembayaran pinjaman baru kita terhadap pendapatan bulanan. Mereka biasanya melakukan ini dengan menghitung rasio hutang terhadap pendapatan. Jadi pertimbangkan dulu sebelum mengambil jumlah dana yang akan dipinjam ya!

Keuntungan pinjaman tanpa jaminan
Tanpa jaminan

Pinjaman tanpa jaminan sangat bagus untuk mereka yang tidak memiliki apapun untuk ditawarkan sebagai jaminan. Karena tidak semua orang memiliki asset yang bisa dijadikan sebagai jaminan. Orang yang tidak memiliki asset untuk jaminan ini akan sangat terbantu dengan pinjaman tanpa jaminan  baik dari bank maupun non-bank. Mereka juga bagus untuk mereka yang mungkin tidak memiliki kredit terbaik. 

Syarat yang mudah

Kita juga bisa menemukan pinjaman tanpa jaminan dari bank atau online yang persyaratannya mereka sangat mudah. Jadi kita tinggal mengisi aplikasi dan mengunggah dokumen semua dalam sesi online yang sama. Biasanya syarat yang diminta hanya kartu identitas diri dan salinan kartu kredit/rekening koran. Bahkan ada juga pinjaman tanpa jaminan yang tidak perlu syarat kartu kredit. Gampang kan?

Cair lebih cepat

Pinjaman tanpa jaminan ini sering kali bisa disetujui di hari yang sama. Misalnya kita mengajukan hari ini, jika syarat sudah terpenuhi maka hari ini juga kita bisa menerima dana pinjaman tanpa jaminan. Tentu ini akan sangat membantu jika kita pas dalam kondisi terdesak. Bayangkan kita harus membayar sejumlah uang dulu untuk baiya operasi rumah sakit tapi harus menunggu 7-14 hari kerja dulu untuk mendapatkan pinjaman dengan jaminan di bank. Tentu akan sangat mereppotkan ya? Dana bisa langsung disimpan di rekening bank kita biasanya pada hari kerja berikutnya. 

Bisa lunas lebih awal tanpa denda

Setiap pinjaman yang diberikan pasti sudah ada aturannya termasuk pinjaman tanpa jaminan ini. Untuk pinjaman tanpa jaminan biasanya kita bisa melunasi pinjaman lebih awal, jika kita mau, tanpa ada denda. Tentu ini sangat membantu jika kita ingin cepat selesai dalam pembayaran cicilannya dan kita punya uang untuk melunasinya. Untuk pinjaman yang terpercaya, anda dapat mengunjungi https://www.cekaja.com/pinjaman-online


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Car Buying Guide: 6 Simple Tips To Make You A Better Buyer

It's that time of the year again. With some of us already securing the bag with bonuses and 13th+month pays, you might be on the lookout...