Mau Beli Asuransi Kesehatan? Ini Tips Agar Tidak Salah Pilih Asuransi Kesehatan

Kita semua ingin membeli paket asuransi kesehatan yang menawarkan perlindungan maksimal untuk orang yang kita cintai pada saat dibutuhkan. Namun, dengan ketersediaan paket asuransi kesehatan yang berbeda, bisa jadi kita bingung untuk memilih yang tepat. Mencari tahu dengan begitu banyak jenis kebijakan, fitur, inklusi, dan batasannya dapat menjadi hal yang merepotkan. Dan untuk menghindari kerumitan atau kendala waktu, banyak orang akhirnya membeli asuransi kesehatan tanpa mengetahui apakah itu akan cukup untuk mereka atau tidak. Kali ini ada beberapa tip berguna untuk membantu kita memilih paket asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga kita.

Carilah cakupan perlindungan yang tepat

Pilih asuransi kesehatan yang menawarkan perlindungan terhadap berbagai masalah medis, pertanggungan sebelum dan sesudah rawat inap, biaya ambulans, pertanggungan penyakit kritis, tunjangan persalinan, perawatan tanpa uang tunai, tunjangan tunai rumah sakit harian, rawat inap rawat inap, dll. Jika kita membeli asuransi kesehatan untuk keluarga, pastikan polis tersebut memenuhi kebutuhan setiap anggota yang harus diasuransikan.

Kita juga mesti melihat kebutuhan kita, bandingkan paket yang berbeda, lihat fitur kebijakan, dan batasan. Mungkin ada faktor tersembunyi seperti sub-batasan, masa tunggu, atau lainnya yang cenderung kita lewatkan. Oleh karena itu, pastikan kita mempelajari susunan kata polis untuk semua syarat dan ketentuan. Ini akan memastikan bahwa kita dan keluarga tidak menghadapi masalah apa pun pada saat pengajuan klaim.

Carilah fleksibilitas untuk menambahkan anggota keluarga baru

Saat membeli asuransi kesehatan keluarga, pastikan kitabisa menambahkan anggota keluarga baru dengan mudah. Jika anggota keluarga yang paling tua meninggal atau tidak lagi memenuhi syarat untuk pertanggungan, maka anggota keluarga lainnya dapat melanjutkan program yang sama tanpa kehilangan manfaat dari program tersebut. Jadi manfaat asuransi kesehatan tetap bisa kita dapatkan untuk anggota keluarga kita.

Periksa klausul periode menunggu

Biasanya, rencana asuransi kesehatan mencakup penyakit yang sudah ada sebelumnya, biaya melahirkan, dan perawatan khusus tertentu seperti hernia, varises, dll. Setelah masa tunggu yang ditentukan, yaitu 2 hingga 4 tahun, yang bervariasi dari satu rencana ke rencana lainnya. Misalnya, biaya kehamilan biasanya ditanggung setelah jangka waktu 2 sampai 4 tahun sejak tanggal pembelian polis.Pastikan bahwa kita memeriksa durasi waktu untuk penyakit yang sudah ada sebelumnya akan dicakup dalam asuransi kesehatan keluarga dan pilih paket yang datang dengan masa tunggu minimal.

Pilih asuransi kesehatan dengan pembaruan seumur hidup

Pembaruan seumur hidup juga merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan. Banyak dari kita cenderung melupakannya. Pastikan kita memeriksa berapa tahun polis kita tetap divalidasi; periksa apakah ia menawarkan pembaruan seumur hidup terbatas atau tidak.

Mengapa? Karena kita akan membutuhkan rencana kesehatan paling banyak selama tahun-tahun berikutnya. Jadi, sebaiknya pilih asuransi kesehatan keluarga yang menawarkan pembaruan seumur hidup. Ini akan memungkinkan kita untuk melanjutkan rencana yang sama di tahun-tahun mendatang tanpa perlu repot membeli polis lain setelah melewati batas usia. Misalnya, paket asuransi kesehatan kita menawarkan pembaruan hingga 45 tahun. Setelah kita melewati usia tersebut, maka kita perlu membeli yang lain yang harganya jauh lebih mahal. Tapi jika kita membeli paket dengan pembaruan seumur hidup, kita bisa melanjutkannya lebih jauh dengan cara yang tidak merepotkan.

Pelajari kemudahan mengklaim 

Saat akan membeli asuransi kesehatan kita juga harus tahu bagaimana proses klaim asuransi kesehatan ini. Ada dua system klaim untuk asuransi kesehatan yaitu cashless dan reimbursement. Dengan cashless kita bisa membayar tagihan biaya rumah sakit dengan kartu asuransi kesehatan yang digesek saja. Tapi untuk reimbursement kita diwajibkan membayar terlebih dulu biaya saat berobat atau perawatan baru setelah itu bisa diklaim ke perusahaan asuransi kesehatan. Sebaiknya pilih system cashless karena ini akan lebih memudahkan di saat darurat. Dan dengan sistem cashless ini juga kita tinggal membawa kartu asuransi kita saja, digunakan layaknya kartu atm yang tinggal gesek di konter pembayaran rumah sakit. Tentu saja ini tak akan membuat repot seperti sistem reimbursement yang mengharuskanmu meminta nota ini dan itu untuk mengklaim pembayaran ke perusahaan asuransi.

Pilih sesuai dengan kemampuan

Memilih asuransi kesehatan juga harus melihat kemampuan finansial kita. Jangan sampai kita pilih asuransi kesehatan yang preminya melampaui kemampuan kita. Bisa-bisa kita tak bisa membayarnya dan tak bisa merasakan manfaat asuransi kesehatan itu. Ini justru akan membuat kita stress karena merasa terbebani dengan pembayaran premi asuransi yang menguras kocek.

Bandingkan beberapa produk asuransi kesehatan

Saat ini ada banyak perusahaan asuransi kesehatan yang menawarkan paket asuransi kesehatan dengan keunggulan masing-masing. Ada baiknya kita mencari informasi dari beberapa asuransi kesehatan yang berbeda dan jangan hanya fokus pada satu asuransi kesehatan saja. Kita bisa cari yang terbaik dengan membandingkan satu sama lain. Ya, sebelum mengambil dan memilih satu asuransi, lakukan pertimbangan dan perbandingan dengan sangat matang, agar kelak kita tak akan merasa menyesal.

Memilih asuransi kesehatan yang baik dan tepat untuk keluarga memang diperlukan trik khusus. Selain itu kita juga harus meluangkan sedikit waktu kita untuk benar-benar mencari tahu informasi tentang asuransi kesehatan yang akan kita pilih. Jika hanya menuruti keinginan semata bisa-bisa kita malah tidak akan bisa merasakan manfaat asuransi kesehatan yang kita pilih dengan optimal.

Jadi, segera pilih asuransi kesehatan dengan tips diatas ya! Dan jangan asal memilih asuransi kesehatan, karena asuransi kesehatan terbaik akan membuatmu merasakan banyak manfaat yang meringankan bukan membebani.

Untuk informasi lanjut mengenai asuransi kesehatan dapat mengunjungi https://www.cekaja.com/asuransi-kesehatan

 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Car Buying Guide: 6 Simple Tips To Make You A Better Buyer

It's that time of the year again. With some of us already securing the bag with bonuses and 13th+month pays, you might be on the lookout...